Program Magister Bioteknologi

Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya (UBAYA) didirikan pada tahun 2005 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat industri akan sumber daya manusia di bidang bioteknologi. Dalam usianya saat ini, Fakultas Teknobiologi telah mencapai berbagai prestasi dan mendapat pengakuan kualitas dari DIKTI melalui akreditasi A untuk Program Studi S1 Biologi (Bioteknologi). Tanggapan masyarakat terhadap penyelenggaraan Program Studi Biologi (Bioteknologi) UBAYA sangat positif. Hal ini terlihat dari trend peningkatan data jumlah mahasiswanya berasal dari berbagai SMU terkemuka di Indonesia.

Sebagai Fakultas Teknobiologi tertua di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya, Fakultas Teknobiologi UBAYA berkomitmen untuk terus mempertahankan bahkan meningkatkan pengembangan keilmuan dan aplikasi dari Bioteknologi. Sesuai dengan kemajuan masa kini di bidang teknologi rekayasa makhluk hidup untuk keperluan industri, diperlukan tenaga ahli yang kompeten di bidang Bioteknologi untuk berperan sebagai pelaku dan inovator Bioteknologi khususnya dalam perindustrian di Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan ini dan keinginan masyarakat untuk mempelajari ilmu Bioteknologi untuk jenjang Magster, baik dari lulusan UBAYA maupun non UBAYA, maka pada tahun akademik 2016-2017 UBAYA membuka Program Magister Bioteknologi (jenjang Sarjana Strata 2). Dunia bisnis dan industri Indonesia maupun ASEAN secara mendesak membutuhkan SDM yang mampu mengeksplorasi pengembangan, aplikasi dan inovasi bidang Bioteknologi berbasis sumber daya hayati Indonesia.

Visi Program Studi Magister Bioteknologi Universitas Surabaya

Menjadi program studi terkemuka dan diakui secara nasional pada tahun 2026 dalam eksplorasi, pengembangan, dan inovasi sumberdaya alam dan ilmu hayati berbasis kekayaan alam asli Indonesia.

Misi Program Studi Magister Bioteknologi Universitas Surabaya

  1. Mengembangkan sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi keilmuan dan keterampilan unggul dalam bidang bioteknologi melalui penyelenggaraan PSMB dengan melakukan eksplorasi dan pengembangan sumber daya alam serta keilmuan hayati serta memiliki kemampuan untuk mengembangkan ke jenjang yang lebih tinggi, melalui kegiatan pembelajaran yang terintegrasi dengan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mendorong penerapan inovasi bidang bioteknologi melalui penyelenggaraan PSMB berdasarkan sumber daya alam serta keilmuan hayati dalam dunia bisnis dan industri, dengan mendayagunakan kekayaan lokal (Indonesia) bagi kesejahteraan manusia, khususnya melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang unggul.
  3. Membangun komunitas pembelajar yang tumbuh bersama dalam situasi keberagaman.
  4. Membangun kerja sama yang saling menumbuhkan dengan mitra kerja internal Universitas Surabaya dan mitra kerja eksternal, dan mengembangkan aliensi strategis yang saling meneguhkan dengan mitra kerja di dalam maupun di luar negeri.

Prospek Kerja

Program Studi Magister Bioteknologi Universitas Surabaya diselenggarakan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keterampilan, etika, dan wawasan luas yang berkaitan dengan aplikasi keilmuan dan produk-produk bioteknologi khususnya dan mampu bekerja secara interdisipliner dengan bidang keilmuan terkait lain. Terdapat beberapa bidang kerja utama yang pada umumnya dapat dilakukan oleh seorang lulusan Program Studi Magister Bioteknologi:

  1. Supervisor/Manager produksi, QC dan PPIC dalam bioindustri
  2. Ilmuwan Bioteknologi (Peneliti/R&D staff dalam bidang Bioteknologi)
  3. Pendidik/Dosen dalam bidang Bioteknologi
  4. Konsultan dalam bioindustri / bidang Bioteknologi
  5. Wirausahawan dalam bidang Bioteknologi
  6. Technical Marketing