Food Innovation and Nutrition Award (FINA) 2020

Fakultas Teknobiologi Ubaya telah menyelenggarakan perlombaan Food Innovation and Nutrition Award (FINA) 2020 pada tanggal 27 sampai 28 Januari 2020 bertempat di Kampus II Ubaya. Lomba ini ditujukan untuk siswa-siswi SMA/SMK se Jawa-Bali. FINA 2020 diikuti oleh 33 tim yang berasal dari Surabaya, Malang, Situbondo, dan Sidoarjo. Lomba ini mengusung tema “Zero Hunger”. Tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk memperkenalkan program kekhususan Bionutrisi dan Inovasi Pangan Fakultas Teknobiologi Ubaya kepada para peserta. Harapannya, melalui lomba ini peserta semakin mengenal bionutrisi dan inovasi pangan serta dapat tertarik untuk mempelajari bionutrisi dan inovasi pangan untuk mengembangkan produk pangan di Indonesia.

FINA 2020 dibagi menjadi 3 babak, yaitu pada babak penyisihan peserta akan menjawab soal-soal yang berkaitan tentang inovasi pangan dan biokimia melalui rangkaian rally games. Pada babak semifinal, peserta akan mempresentasikan produk yang telah dibuat masing-masing dengan menggunakan bahan yang ditentukan, yaitu bentul, sagu, dan keluwih. Pada babak final, peserta akan ditantang untuk memasak produk inovatif menggunakan bahan mystery box yaitu sorghum.

Chef juri tamu yang hadir untuk memeriahkan FINA 2020 adalah Chef Robert Hansen Irawan. Selain menjadi juri pada babak final, beliau juga mendemonstrasikan penggunaan bahan sorghum sebagai bahan masakan yang lezat dan penuh gizi. Menu yang dibuat oleh Chef Robert Hansen Irawan adalah “Pan Seared Salmon with Sauteed Creamy Sorghum Served with Asparagus and Lemon Capers Sauce”. Para peserta terlihat antusias untuk memperhatikan demo memasak yang dilakukan oleh Chef Robert. Sorghum merupakan bahan makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Sorghum dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan pokok pengganti beras. Perlombaan FINA 2020 dimenangkan oleh SMA Katolik Santa Maria sebagai juara 1, SMA PETRA 4 sebagai juara 2, SMAK St. Stanislaus sebagai juara 3, sedangkan dua kelompok dari SMA Kristen Gloria 2 dan satu kelompok dari SMAK St. Hendrikus sebagai finalis.

BAG 2020

Tanggal 27-28 Januari 2020 lalu, Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya berhasil melaksanakan 2 lomba, salah satunya yaitu BAG 2020. BAG merupakan singkatan dari Biotechnology Application Games, BAG dilaksanakan tiap tahun dengan target peserta yaitu siswa SMA sederajat se-Jawa Bali dengan tujuan memperkenalkan Bioteknologi beserta aplikasinya melalui rangkaian lomba. Tiap tahun pelaksanaannya BAG selalu mengusung tema yang berbeda sehingga peserta dapat mengenali aplikasi Bioteknologi dalam berbagai bidang. BAG 2020 mengusung tema ‘Greenation’ yang berkaitan erat dengan Bioteknologi Tanaman beserta aplikasinya dalam menyelesaikan isu-isu dalam dunia yang terus bertambah seiring waktu.
Pada hari pertama pelaksanaan BAG, dilakukan babak penyisihan yang berupa pengerjaan soal dan diikuti dengan babak semifinal yaitu rally games. Hari kedua BAG dilaksanakan babak final dalam bentuk praktikum yang tentu berkaitan dengan Aplikasi Bioteknologi Tanaman. Rangkaian lomba disambut dengan antusias oleh 36 tim siswa SMA sederajat se-Jawa Bali. Rangkaian acara BAG 2020 diakhiri dengan kemenangan manis yang diraih oleh tim dari SMA Kr. Petra 2 yang memperoleh juara I, diikuti dengan SMAN 1 Sooko Mojokerto, dan SMAN 3 Pamekasan Madura sebagai Juara II dan Juara III.